KETIKA PARA BANKIR BER- RAT


KETIKA PARA BANKIR  BER- RAT

Menarik berkesempatan menjadi bagian dari pegelaran RAT Tutup Buku Tahun 2019 Koperasi “Satria Batara” yang tergelar di lantai III BTN Purwokerto pada Hari Jum’at, 17 Januari 2020. Alasannya sederhana saja, karena koperasi ini beranggotakan para pengawai salah satu bank plat merah, yaitu PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kalau dikeseharian para anggota Satria Batara menjalankan profesinya sebagai bankir, namun kali ini mereka sedang berposisi sebagai insan koperasi yang juga menyelenggarakan aktivitas yang salah satunya hampir mirip, yaitu bisnis jasa keuangan Simpan Pinjam. Disamping itu,  Koperasi Satria Batara juga menjalankan beberapa usaha lainnnya, antara lain : sewa mesin fotocopy, Sewa Mobil, toko dan lain sebagainya.

Perbedaan mendasar antara simpan pinjam yang diselenggarakan Koperasi Satria Batara dan BTN    tentu pada market (pangsa pasar) yang dilayani. Kalau bank melayani masyarakat umum, sementara itu Koperasi Satria Batara hanya melayani anggota dan atau calon anggotanya yang tak lain adalah para pengawai Bank BTN. Hal lainnya yang membedakan, kalau di bank mereka berstatus sebagai pegawai/karyawan/professional, kalau di Koperasi Satria Batara mereka berstatus sebagai pemilik dan sekaligus pengguna jasa. Sebagai pemilik koperasi, mereka memiliki kewenangan mengontrol dan mengendalikan perusahaan koperasi yang mereka miliki bersama.   

Bapak Agus Darmawan, Ketua Koperasi Satria Batara, dalam prolognya menyampaikan bahwa kinerja tahun buku 2019 mengalami peningkatan. Capaian ini merupakan hasil kinerja kolektif dari segenap unsur koperasi Satria Batara, yaitu Pengurus, Pengawas dan anggota. Bu Woro Mumpuni, selaku Pembina  dan juga Pimpinan BTN Cabang Purwokerto, menyampaikan bahwa RAT ini   merupakan momentum yang membahagiakan karena bertemunya segenap unsur organisasi koperasi. Juga merupakan momen yang menggembirakan karena akan  ada distribusi SHU dan juga Door prize. Beliau juga mengapresiasi atas semangat segenap karyawan/ti BTN dalam ber-koperasi. Hal ini  juga mencerminkan kuatnya persatuan para karyawan/ti di lingkungan internal BTN.  

Bapak Alvian, mewakili Dinas Tenaga Kerja,Koperasi dan UKM Kab. Banyumas menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan RAT Tutup Buku tahun 2019 yang tergolong cepat. Hal ini menandaskan kinerja baik koperasi dan kesehatan organisasinya.

Sementara itu, Bung Arsad Dalimunte selaku Ketua Dekopinda Kab. Banyumas juga menyampaikan kekagumannya terhadap Koperasi Satria Batara yang terus memupuk kinerjanya melalui mobilisasi kolektivitas diantara segenap unsur organisasinya. Beliau juga meng-apresiasi peningkatan kinerja tahun buku 2019. Dipenghujung sambutannya, Bung Arsad menyampaikan satu tanya ringan bernada  canda, “apakah Koperasi Satria Batara akan mengembangkan visinya membeli saham mayoritas di BTN sehingga  berwewenang  mengambil kebijakan strategis pengembangan Bank BTN?” . Langsung saja canda ini   disambut tawa dan tepuk tangan para peserta RAT dan tamu undangan.  

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment