KETUA DEKOPINDA MEMOHON PERKENAN PESERTA RAT KPRI NETAS JKL


KETUA DEKOPINDA MEMOHON PERKENAN PESERTA RAT KPRI NETAS JKL

Hari ini, Sabtu 18 Januari 2020, KPRI NETAS JKL (Jurusan Kesehatan Lingkungan) menggelar RAT Tutup BUku Tahun 2019. Agenda ini digelar di Kampus JKL Jalan Baturraden Km.12 Purwokerto. Koperasi ini berjumlah beranggotakan para Dosen dan karyawan/ti Kampus JKL dengan core activitas simpan pinjam dan toko.   

Hari ini sangat strategis karena RAT merupakan momen untuk membicarakan apa, mengapa dan bagaimana serta arah koperasi ke depannya. Oleh karena itu, segenap unsur organisasi dihimbau untuk memaksimalkan momen ini untuk kebaikan dan perluasan kemanfaatan koperasi ke depan”, ungkap Bapak
Jokowiyono dalamsambutannya sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi & UKM Kab. Banyumas.  Indonesia terus berupaya mengembangkan kehidupan koperasi karena filosopi nya yang mendorong terbangun dan terpupuknya semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan. Sejalan dengan itu, Pemkab Banyumas melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi & UKM terus menggiatkan koperasi dan mendorong lajutumbuhnya.  Koperasi yang sudah tidak aktif akan disurati sehingga diperoleh informasi tentang hal-hal yang menyebabkan stagnan untuk kemudia dicarikan solusi terbaik. Berkaitan dengan menumbuhkembangkan koperasi, beliau berpesan beberapa hal berikut ini : (i)  Perlu dibangun   kepatuhan terhadap mekanisme organisasi.; (ii) anggota adalah insan ekonomis sehingga dalam berkoperasi sering berpihak pada kepentingannya. Untuk itu, diperlukan aturan main sehingga terbangun keseimbangan antara hak dan kewajiban dan; (iii)   perlunya proses pelaporan/ pertanggugjawaban  dilakukan secara continue sehingga anggota mengerti tentang perkembangan koperasi.  

Bapak Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan (JKL), Bapak Asep,  menyampaikan apresiasi dengan perkembangan KPRI Netas. Beliau meng-informasikan  ada 2 (dua) peluang yang mungkin dikelola koperasi, yaitu;  pengelolaan kantin dan produksi air mineral. Hanya saja, dalam tata kelolanya perlu memperhatikan regulasi yang berlaku di bidang itu agar sesuai dengan koridor yang berlaku.  Sementara itu,  Bapak Direktur Poltekkes Semarang, mengawali sambutan dan pembinaannya dengan mengucapkan selamat datang pada tamu undangan ke Kampus JKL Baturraden yang merupakan salah satu dari 9 (Sembilan) kampus yang ada di Jawa Tengah. Beliau juga meng-apresiasi atas penyelenggaraan RAT di awal waktu. Hal ini menunjukkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan di lingkungan Kampus JKL. Saya sangat mendukung koperasi karena efektif sebagai media untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota yang juga civitas Kampus JKL. Beliau juga berpesan kepada Koperasi dan anggotanya untuk mengembangkan kreasi dan inovasi. Kolaborasi perlu dikembangkan sehingga koperasi lebih memungkin lebih cepat maju dan semakin bermanfaat bagi anggota.   


Saya memilki concern dan perhatian khusus pada koperasi yang memiliki background pendidikan, seperti kampus dan sekolah. Alasan pentingnya adalah karena pada sekolah dan kampus terdapat peserta didik/generasi yang akan menjadi penentu warna bangsa di masa mendatang. Oleh karena itu, izinkan saya memohon perkenan para bapak/ibu peserta RAT KPRI Netas JKL untuk mengajarkan tentang nilai-nilai kejuangan koperasi, perlunya persatuan, gotongroyong, kesetiakawanan dan saling memperdulikan. JIka hal ini tidak kita lakukan, saya khawatir akan terbentuk insan-insan individualis dan bila hal itu terjadi berpotensi mengikis eksistensi koperasi di masa yang akan datang”, ungkap Bung Arsad Dalimunte, Ketua Dekopinda Kab. Banyumas.  

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment