KSU SUMBER MAKMUR BERTEKAD MENJADI MADRASAH KOPERASI DI KAB. BANYUMAS


KSU SUMBER MAKMUR BERTEKAD MENJADI MADRASAH KOPERASI DI KAB. BANYUMAS

Hari ini, 07 Januari 2020, KSU Sumber Makmur menggelar RAT Tutup Buku Tahun 2019 di D’garden N Resto, Purwokerto. Pegelaran ini tergolong sangat cepat dan juga sudah menjadi budaya koperasi ini sejak beberapa tahun terakhir. Disamping dihadiri oleh anggota, pengurus dan pengawas, juga dihadiri oleh Bapak Andik selaku Ketua PK-PRI Kab. Banyumas; Muhammad Arsad Dalimunte selaku Ketua Dekopinda Kab, Banyumas dan Baak Jokowiyono selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi & UKM Kab. Banyumas.   

Ada satu hal yang sangat inspiratif dari pengantar yang disampaikan oleh Ketua KSU Sumber Makmur, Bapak H.Kosewandi,SH. “ Sebagai koperasi yang berdiri di lingkaran Dinas Koperasi, KSU Sumber Makmur idealnya menjadi madrasah atau tauladan bagi seluruh gerakan koperasi di lingkungan kab banyumas. Sejakan dengan semangat itu, KSU sumber Makmur pun terus membangun budaya pegelaran RAT di awal waktu (biasanya di minggu pertama Januari setiap tahunnya ). Tidak sampai disitu saja, KSU Sumber Makmur juga merupakan koperasi yang menerapkan prinsip suka rela dan terbuka sehingga setiap orang dari berbagai profesi bisa menjadi anggota koperasi ini ”.  Sementara itu, tentang kinerja KSU Sumber Makmur untuk tahun 2019 menunjukkan peningkatan yang menggembirakan.


Pak Andik Pegiarto, Ketua PKP-RI Kab. Banyumas menyampaikan apresiasinya terhadap keterselenggaraan RAT di awal waktu yang telah menjadi bagian dari budaya KSU Sumber Makmur. Beliau juga meng-apresiasi peningkatan kinerja  KSU Sumber Makmu karena hal ini dinilai me-refresentasikan spirit kolektivitas dan kualitas organisasi dan perusahaan KSU Makmur. “Mengelola koperasi tidak sungguh tidak mudah sebab memerlukan komitmen segenap unsur organisasi untuk terus menjadi bagian dari aktivitas yang diselenggarakan oleh koperasi. DIsamping itu, koperasi juga memerlukan sebuah system kerja yang secara bertahap dan berkesinambungan membawa pada capaian yang terus meningkat”, ungkap Bapak Andik. Disamping itu, Anggota Legislatif Kab. Banyumas ini juga menegaskan nilai penting koperasi sebagai garda terakhir dalam men-solusikan persoalan ekonomi dan sosial. Hal ini pula yang menjadi alasan kuat mengaoa koperasi sangat perlu untuk ditumbuhkembangkan. Dipenghujung sambutan dan arahannya, Pak Andik juga menghimbau kepada segenap anggota yang hadir untuk terus meningkatkan partisipasinya dalam koperasi.     


Bung Arsad dalam kapasitasnya selaku Ketua Dekopinda mengawali sambutannya dengan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi terhadap partisipasi dan daya dukung KSU Sumber Makmur dalam ikut mensukseskan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72 dimana Purwokerto didaulat menjadi tuan rumah. Disamping itu, beliau juga menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan RAT diawal waktu dan juga menyampaikan selamat atas pencapaian kinerja yang menunjukkan peningkatan. "Capaian ini menegaskan bahwa kebersamaan diantara segenap unsur organisasi berdampak pada pertumbuhan dan perluasan manfaat yang terus tumbuh", ungkapnya. Selanjutnya beliau mengapresiasi komitmen KSU Sumber Makmur untuk menjadi madrasah bagi gerakan Koperasi Kabupaten Banyumas. Hal ini menandaskan kuatnya komitmen segenap stake holder KSU Sumber Makmur untuk membangun ketauladanan-ketauladanan inspiratif yang akan meng-akselerasi tumbuhkembang koperasi di Lingkungan Kab. Banyumas. Dalam sambutannya, Bung Arsad juga menyampaikan apresiasi dan selamat kepada Bapak Jokowiyono yang menempati pos baru sebagai Kepala Dinas dan Bapak Sutoro yang di tempatkan sebagai   Kabid Koperasi di lingkungan Tenaga Kerja, Koperasi & UKM Kab. Banyumas. Apresiasi serupa beliau sampaikan kepada Bapak Alvin dan Ibu Beta yang masing-masing menempati pos sebagai Kepala Seksi (Kasi) di Bidang Koperasi.    
  
Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi & UKM Kab. Banyumas, Bapak Jokowiyono, menyampaikan tentang nilai strategis RAT bagi tumbuhkembang-koperasi. Beliau menengaskan bahwa keterselenggaraan RAT merupakan  bagian dari bukti  sehatnya organisasi dan sekaligus  mengambarkan dinamisasi dan akselerasi sebuah koperasi. Terkait dengan menumbuhkembangkan koperasi, beliau menekankan pada 3 (tiga) hal penting, yaitu : (i)  mekanisme kelembagaan organisasi itu  harus berjalan sehat; (ii) kepatuhan semua unsur organisasi koperasi terhadap apa yang menjadi aturan main dan; (iii) bagaimana anggota ikut menumbuhkembangkan organisasi dan perusahaan koperasi. Dipenghujung sambutan dan rahannya, beliau menandaskan bahwa koperasi merupakan sokoguru ekonomi, spirit kebangsaan serta juga merupakan anamah Undang-Undang  sehingga wajib kita tumbuhkembabgkan bersama-sama.
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment