MEMBINCANG dan MERANCANG KUALITAS GENERASI MENDATANG DI RAT KOGAT CILONGOK


REPUTASI “KOLEKTIVITAS” KOGAT YANG INSPIRATIF

Minggu 12/Jan/20. Hari ini, KPRI KOGAT menggelar RAT Tutup Buku Tahun 2019. RAT tergelar di Aula Kantor KPRI KOGAT yang berlokasi di Cilongok. KOGAT merupakan sebuah koperasi beranggotakan para guru SD se-Kecamatan Cilongok, Kab. Banyumas. Disamping pengurus, pengawas dan anggota, RAT ini juga dihadiri oleh tamu undangan dari; (i) Bapak Sutoro, Kabid Koperasi Dinas Tenaga Kerja, Koperasi & UKM Kab. Banyumas; (ii) Koordinator Dindik Kec Cilongok;  dan; (iii) Bapak Andik Pegiarto dan Bapak H Kuswandi,SH mewakili PKPRI  Bung Arsad Dalimunte selaku ketua Dekopinda Kab. Banyumas dab Bapak Warsito, Sekretaris Camat Cilongok.

Menarik membincang tentang Koperasi yang satu ini. Sejarah panjang telah dilalui dan ragam dinamika organisasi berbuah manis, yaitu “lompatan kemajuan”. Bahkan beberapa tahun lalu, seorang aktivist muda koperasi sengaja datang ke sana untuk mencari “kunci kesuksesan” yang mereka torehkan (beritanya : klik disini). Sang Aktivis itu penasaran bagaimana mereka begitu hebat dalam memobilisasi anggotanya sehingga terbangun kesepakatan-kesepakatan inspiratif dan edukatif serta berdampak langsung terhadap kesejahteraan anggotanya. Kogat pun sering jadi tujuan studi banding.

Koperasi yang dipimpin oleh Bapak Untung Siswanto,SPd,MM ini sudah seatle dalam hal permodalan dan bidang simpan pinjam. Sebagai bagian dari pengembangan layanan, saat ini KOGAT juga sedang concern melakukan perkuatan sektor riil. Hal ini sebagai bagian dari keinginan segenap unsur organisasi untuk meluaskan layanan dan kemanfaatan yang bisa dirasakan langsung oleh anggota.

Bapak Warsito, Sekcam Cilongok menyampaikan bahwa RAT merupakan agenda mutlak yang harus dilaksanakan sebuah koperasi. Oleh karena itu, pemerintah Kecamatan Cilongok meng-apresiasi pelaksanaan RAT Kogat Cilongok yang tergolong di awal waktu.  Hal ini menandakan bahwa KOGAT merupakan koperasi yang sehat dan baik. “Secara pribadi, saya  pernah menjadi anggota dan juga berkesempatan merasakan manfaat dari keberadaan Kogat. Saya merasakan keberadaan Kogat benar-benar penting dan sangat membantu para anggotanya”, demikian testimony   

Bapak H Kuswandi,SH, mewakili PKPRI Kab. Banyumas menyampaikan apresiasi dan bangga

terhadap KOGAT Cilongok berikut capaiannya. Saya juga bangga dengan testimoni Pak Sekcam sebagai orang yang sudah pernah mendapat manfaat ber-koperasi dalam kapasitas sebagai anggota. Saya juga bangga dengan KOGAT dengan kebersamaannya yang begitu kuat dan komitmennya begitu tinggi  sehingga berdampak pada keterkumpulan sumber daya yang kemudian di moblisasi menjadi layanan-layanan yang memenuhi kebutuhan dan men-sejahterakan anggota. Bapak Andik Pegiarto selaku Ketua PKPRI Kab. Banyumas menyusul hadir walau baru pulang dari tugas luar kota dalam kapasitas beliau sebagai anggota legislatif Kab. Banyumas. Dalam sambutanyya, beliau berharap RAT ini menghasilkan keputusan-keputusan yang mendorong percepatan tumbuhkembang Kogat. Beliau juga meng-apresiasi terhadap kinerja Kogat yang sangat baik dan capaian ini menggambarkan tentang kualitas kebersamaan diantara segenap Unsur Organisasi Kogat. Beliau mengingatkan bahwa seiring dengan semangat revolusi mental, Kogat pun perlu mendorong tumbuhkembang mentalitas pengurus, pengawas dan anggota. Kuncinya terletak pada; (i) integritas; (ii) kerja keras.  Kerja keras di lakukan secara professional yang didalamnya kaya. Dengan demikian, terbangun sinergitas dan  berdampak pada  tumbuhkembang aktivitas yang mendatangkan manfaat; (iii) mandiri. Kemandirian yang dimaksud adalah kemandirian kolektif dimana semua unsur organisasi mengembangkan partisipasinya dan; (iv) gotong royong. Ini memerlukan kemauan dan semangat kekeluargaan dari setiap orang yang tergabung dalam koperasi. “Sejahterakanlah anggotanya dan insha Allah pengurus dan pengawaspun akan sejahtera”, pungkas beliau dalam sambutannya.
       
 Sebagaimana  Pak Sekcam, saya juga adalah sarjana koperasi dalam arti saya jadi sarjana juga pinjam di koperasi’, demikian testimoni Pak Suntoro yang disambut tepuk tangan segenap peserta RAT.  Bapak Suntoro,  Kabid Koperasi Dinas Koperasi & UKM Kab.Banyumas, dalam sambutan dan arahannya, beliau mengambil tema “merajut kebersamaan menuai keberhasilan’kesejahteraan dan kemakmuran”. Untuk itu, beliau berpesan agar segenap anggota terus menguatkan kebersamaan dan komitmen sehingga terbangun perluasan manfaat yang bisa dirasakan anggota. Beliau menyampaikan apresiasi terhadap prestasi Kogat Cilongok dan merupakan koperai guru tebesar di Kabupaten Banyumas.  “Koperasi sangat berperan dalam perekenomian di Cillongok, apalagi Cilongok memiliki beberapa koperasi yang besar”, pungkas beliau.  

Bung Arsad selaku Ketua Dekopinda Kab. Banyumas menyampaikan atensi khususnya terhadap koperasi yang beranggotakan para guru. “hari ini saya berhadapan dengan ratusan anggota koperasi yang kesehariannya berprofesi mulia sebagai guru. Namun demikian, sesungguhnya saya sedang berhadapan dengan ribuan orang mengingat bahwa para guru yang hadir hari ini adalah para insan pengampuh ribuan siswa/i yang merupakan generasi masa depan. Untuk itu, izinkan saya  berpesan dan bermohon perkenan mengajarkan tentang perkoperasian dan mengingatkan perlunya memupuk semangat kebersamaan dan kekeluargaan. Hal ini menjadi sangat penting, karena 30 tahun ke depan para siswa/i tersebut adalah generasi yang menetukan warna dan nasib bangsa.  Sejujurnya saya memiliki kekhawatiran kalau generasi mendatang terlalu asik dengan diri sendiri karena  kemajuan zaman  dan kemajuan teknologi. Saya takut mereka tumbuh menjadi manusia-manusia invidualis yang bai dengan sekitar dan menganggap kebersamaan adalah sesuatu yang usang untuk diwujudkan dalam keseharian hidup. Saya berharap generasi mendatang tetap memandang rasa kekeluargaan dan perasaan senasib dan sepenanggungan tetap terpelihara dalam setiap diri. Dengan demikian, kerekatan sosial masyarkat, persatuan dan kesatuan tetap terpelihara dan menjadi semangat yang terus bersemayam dalam pribadi-pribadi generasi mendatang".     

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment