MENELISIK GAIRAH BER-KOPERASI GENERASI MILENIAL TANAH AIR DI DIKMENKOPNAS

MENELISIK GAIRAH BER-KOPERASI GENERASI MILENIAL TANAH AIR 
DI DIKMENKOPNAS


Berada diantara aktivis Kopma (Koperasi Mahasiswa) dari berbagai Kampus di tanah air selalu meng-energi dan meningkatkan optimisme tentang masa depan dan perwajahan koperasi di Indonesia. Bagaimana tidak, idealisme, semangat juang tinggi dan  energi full power, jelas terlihat tegas dari para pemuda pejuang koperasi mahasswa itu. Para anak muda kreatif perjuang koperasi itu tengah berkumpul dalam satu event  bertajuk Dikmenkopnas yang dikemas secara kreatif oleh para pegiat koperasi mahasiswa (Kopma) Lebah Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 

Semangat yang mereka tunjukkan hari ini Saya meyakini mereka akan menjadi generasi emas penerus perjuangan koperasi negeri ini. Hal ini pula yang menjadi dasar dan motivasi saya hadir memenuhi undangan panitia untuk menjadi salah satu pemateri dalam Dikmenkopnas (Pendidikan Menengah Koperasi Nasional). Saya tidak merasa lebih cerdas dari pada para peserta Dikmenkop, tetapi karena saya lebih dulu lahir dan lebih dulu memasuki ruang juang koperasi sehingga ada panggilan jiwa untuk sekedar berbagi semangatt, ilmu pengetahuan dan pengalaman", ungkap Bung Arsad, Ketua Dekopinda Kab. Banyumas.  
menguatkan keyakinan dan sekaligus menepis
keraguan tentang eksistensi koperasi di mendatang. Kalau hari ini mereka tengah belajar berkoperasi di lingkar koperasi mahasiswa, maka pada waktunya nanti mereka akan terjun langsung ke masyarakat dan menjadi pelopor penguatan peran koperasi dalam percaturan ekonomi dan sekaligus meng-efektifkan koperasi sebagai media perjuangan kolektif masyarakat dalam ber-ekonomi. "

Selanjutnya, disamping meng-apresiasi
penyelenggaran Dikmenkop ini, Bung Arsad juga mengingatkan bahwa penyelenggaraan pendidikan perkoperasi minimal harus mendatangkan dampak positif dalam hal : (i) peningkatan pengetahuan dan perubahan perilaku yang semakin mencintai dan berpihak pada koperasi; (ii) berdampak pada akselerasi tumbuhkembang koperasi mahasiswa. Bila hal ini mewujud, maka penyelenggaraan atau mengikuti pendidikan perkoperasikan bukan menjadi "biaya", tetapi merupakan bentuk investasi SDM yang nyata berdampak pada akselerasi tumbuhkembangkoperasi dan perluasan kesejahteraan anggota. Untuk itu, Bung Arsad menghimbau pegelaran pendidikan perkoperasian jangah terjebak pada ceremony namun miskin substansi.

"Ketika bicara koperasi, maka ada satu kalimat yang menjadi referensi dalam pengembangan ide/gagasan dalam menumbuhkembangkan koperasi, yaitu "Koperasi adalah kumpulan orang yang men-cerdaskan".Sejalan dengan itu, idealnya ada perubahan ke arah yang lebih baik sebelum seseorang berkoperasi dengan sesudah melibat di dalam koperasi. Sejalan dengan itu, untuk membangun kecerdasan anggota maka penyelenggaraan pendidikan perlu dilakukan secara terus menerus. Dengan demikian, para anggota memahami apa, mengapa dan bagaimana cara koperasi membentuk atau memperjuangakn peningkatan kesejahteraan. Dengan kata lain, "pendidikan" dalam berkoperasi adalah "kunci". 

Bung Arsad juga menjelaskan bahwa hakekat koperasi adalah "kerjasama" yang didalamnya terdapat penyatuan energi, penggabungan sumber daya dan distribusi peran diantara segenap unsur organisasi dalam mencapai apa yang menjadi cita-cita dan harapan bersama. Dengan kata lain, segenap insan yang terlibat saling dukung mendukung dan saling memperkuat  dalam semangat kekeluagaan dna kegotongroyongan yang terjaga. 

Dipenghujung, Bung Arsad menyampaikan bahwa apapun capaian yang diraih koperasi sesungguhnya adalah "hasil karya bersama". Jadi, iklim dan laju tumbuhkembang ber-koperasi me- refresentasikan kualitas kolektivitas diantara segenap unsur organisasi, yaitu pengurus, pengawas dan anggota.    
      


   

     
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment