PIMPINAN DEKOPINDA SE-BARLINGMASCAKEB BERMOMITMEN MENDORONG “MIGRASI TATA KELOLA KOPERASI BERBASIS TEKNOLOGI”


PIMPINAN DEKOPINDA SE-BARLINGMASCAKEB BERMOMITMEN MENDORONG “MIGRASI TATA KELOLA KOPERASI BERBASIS TEKNOLOGI”


Hari ini, 16 Januari 2020, Dekopinda se-Barlingmascakeb, yaitu Kabupaten Banjarnagara, Kab. Purbalingga, Kab. Banyumas, Kab. Cilacap dan Kab. Kebumen menggelar Rapat Koordinasi. “Migrasi Tata Kelola Koperasi Berbasis Teknologi” menjadi tema bahasan pada rakor yang di gelar di Innocircle Working Space Kopkun Purwokerto.

Agenda ini merupakan wujud semangat
Dekopinda Se-Barlingmascakeb dalam mendorong akselerasi tumbuhkembang koperasi melalui pelibatan teknologi. Koperasi tampil dengan semangat modern dan cita rasa kekinian menjadi obsesi dari gerakan ini. Sejalan dengan itu, pelibatan teknologi akan dimaksimalkan sehingga koperasi lebih berkemampuan adaptasi dengan revolusi Industri 4.0 melalui kombinasi AI (Artificial Intilligence) dan IoT (Internet of Thing). Untuk itu, Dekopinda Se-Barlingmascakeb menggandeng ICCI (Indonesian Consortium For Cooperative Innovation), sebuah institusi yang concern mengembangkan gagasan dan inovasi guna meng-akselerasi tumbuhkembang koperasi di Indonesia.     

Koperasi tidak boleh ketinggalan dengan isu digitalisasi agar bisa tetap eksis dan tumbuhkembang di kekinian zaman. Saya memahami hal ini menjadi PR Besar, tetapi itulah yang harus dilakukan agar perusahaan koperasi tetap mampu menyajikan layanan kompetitif dan layak menjadi pilihan terbaik, khususnya bagi anggota. Jika tidak dilakukan, maka koperasi akan bisa kehilangan eksistensi dan ditinggalkan oleh angotanya. Sejalan dengan semangat itu, pelibatan teknologi tidak saja tentang modernisasi, tetapi juga harus memiliki dampak pada kecepatan layanan, peningkatan partisipasi anggota dan akselerasi pertumbuhan, Ungkap Bung Arsad Ketua Dekopinda Kab. Banyumas.    

Upaya ini langkah tepat mengingat sebagai bentuk respon brilian gerakan koperasi se-Baringmascakeb di era revolusi Industri 4.0.”, ungkap Bu Endang, salah satu peserta rapat yang ikut hadir mendampingi Ketua Dekopinda Purbalingga. Bapak Yassin. Sementara itu,Bapak S. Suprijanto Delegasi Dekopinda Kab. Kebumen menyampaikan,“Saya memiliki optimisme dengan langkah ini mengingat melibatkan generasi muda yang melek teknologi dan powerfull serta memiliki idealisme tinggi


Bapak Samsudin, Ketua Dekopinda Kab. Banjarnegara, menyampaikan respon positif dan mendukung terobosan brilian ini. Pak Samsudin yang juga Wakil Bupati Kab. Banjarnegara itu mengapresiasi migrasi tata kelola ini sebagai bagian dari pensikapan koperasi terhadap kemajuan teknologi dan sekaligus meng-akslerasi tumbuhkembang. Ini sebuah lonjakan besar yang akan mendatangkan multiplier effek, khususnya dalam hal ekonomi dan pemberdayaan ekonomi rakyat”

Firdaus Putera, Direktur ICCI (Indonesian Consortium for Cooperatives Innovation),  menjelaskan tentang teknologi yang akan di implementasikan ke koperasi-koperasi se-Barlingmascakeb. Beliau menggambarkan bahwa dengan implementasi teknologi ini,  setiap kali anggota menabung disaat itu juga langsung mendapat print out dari petugas atas tabungan sebagai bukti dan juga terkoneksi dengan smart phone anggota yang bersangkutan. Printer termal blootooth yang dibawa petugas menjadikan anggota bisa langsung mendapat bukti setoran tabungan. Hal serupa juga berlaku saat anggota ingin membayar cicilan pinjamannya ke koperasi, setiap anggota langsung mendapat print out bukti cicilan dan sekaligus bis alangsung melihat update saldo pinjamannya di smart phone nya masing-masing.  Dari sisi operasional, aplikasi sistem ini juga menjadikan operasional perusahaan koperasi menjadi lebih efisien. Tidak sampai disitu saja, potensi pemberdayaan koperasi juga akan menjadi terbuka, karena aply aplikasi sakti link ini akan menghubungkan anggota dengan para pelaku UKM di wilayah masing-masing. Jadi, anggota tidak saja menjadi obyek dari setiap transkasi, tetapi juga berpeluang mengembangkan bakat wirausahanya. 

Sebagai stimulan awal program migrasi ini akan memberikan kesempatan implementasi program secara gratis kepada 50 (lima puluh) koperasi di lingkungan Barlingmascakeb. Namun demikian ICCI hanya akan memberikan pada anggota Dekopinda yang di nilai oleh Dekopinda memang benar-benar siap. Artinya, koperasi itu  memiliki visi luas dan berkomitmen terhadap inovasi. Untuk itu, koperasi yang akan di pilih diutamakan pada  koperasi punya manajemen sehingga memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

Rapat Koordinasi ini berujung dengan kesepakatan bersama untuk meng-campaign perlunya migrasi tata kelola koperasi berbasis teknologi di lingkar gerakan koperasi masing-masing wilayahnya. Selanjutnya,  masing-masing Dekopinda akan menggelar agenda sosialisasi dan edukasi. Disamping itu, agenda ini juga dimanfaatkan untuk  penjaringan  koperasi- koperasi yang layak  dijadikan “pilot project” yang akan di fasilitasi implementasi apliaksi secara gratis dan pendampingan selama 6 (enam) bulan. Selanjutnya, akan digelar Deklarasi "Migrasi Tata Kelola Koperasi Berbasis Teknologi" di Purwokerto dan rencananya akan dihadiri oleh Bapak Mentri Koperasi & UKM RI.   
      


Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment