SEMANGAT PERSATUAN DI KEBERAGAMAN MEN-SIMBOL DI RAT KOWAPI KAB.BANYUMAS MELALUI PEGELARAN TARI MAUMERE


SEMANGAT PERSATUAN DI KEBERAGAMAN
MEN-SIMBOL DI RAT KOWAPI BANYUMAS MELALUI PEGELARAN TARI MAUMERE

Bertempat di Hotel COR Purwokerto, Sabtu 11 Januari 2020, Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Kowapi) Kab.Banyumas menggelar RAT (Rapat Anggota Tahunan) Tutup Buku Tahun 2019. Disamping dihadiri oleh segenap unsur organisasi Kowapi yang kesemuanya tentu wanita, RAT ini juga dihadiri oleh Ibu Hj Wiwi Rustiana, selaku Ketua Puskowapi Jawa Tengah, Bapak Sutoro selaku Kabid Koperasi Dinas Tenaga Kerja, Koperasi & UKM Kab.Banyumas, Bapak Herliana selaku Ketua Kopkun dan Bapak Arsad Dalimunte selaku Ketua Dekopinda Kab. Banyumas.

RAT ini dibuka dengan suguhan Tarian Maumere yang diperagakan sangat baik oleh anggota Kowapi  Banyumas perwakilan kelompok TR I yang pernah menjadi juara di ajang family gathering Kowapi Banyumas di Yogyakarta beberapa waktu lalu. Peragaan Tari Maumere ini menandaskan kekayaan budaya Bangsa Indonesia dan juga men-simbolkan kebahagiaan semangat persatuan di keberagaman serta  menggelorakan semangat ke-Kita-an dan persaudaraan yang kuat. Sebagaimana kita ketahui bersama, Tarian yang berasl dari SIkka, Nusantara Tenggara Timur (NTT) pernah juga booming dan menjadi primadona begitu banyak orang.

Dalam sambutannya, Ketua Kowapi Banyumas Ibu Hardiyati Suprayogi,SH  menyampaikan bahwa Kowapi Banyumas bertekad tingkatkan usaha dan permodalan berbasis kemandirian. Dalam perspektif Kowapi Banyumas, Perempuan Berdaya Indonesia Maju. Atas dasar itu pula, Kowapi Banyumas terus menyemangati setiap anggotanya untuk senantiasa mengembangkan karya-karya produktif.

Sementara itu, Ibu Hj Wiwi Rustiana meng-apresiasi keterselenggaraan RAT Kowapi Banyumas yang tergolong d iawal waktu. Beliau berpesan bahwa keberhasilan sebuah koperasi sangat  ditentkan oleh, kejujuran, keterbukaan, manajemen dan komunikasi kepada anggota. Saya mencermati Kowapi Banyumas terus mengalami peningkatan. Capaian ini merupakan bukti tentang kuatnya persatuan diantara unsur organisasi yang kemudian berdampak pada tumbuhkembang karyanya.  Beliau juga berpesan kepada  Dinas Koperasi untuk meluaskan pembinaannya kepada Kowapi.  Kalau hari ini Kowapi selaku koperasi sukses sebagai supporting modal bagi anggotanya, maka ke depannya perlu di dibina agar Kowapi juga bisa meng- akselerasi tumbuhkembang usaha anggota Kowapi.  Usaha prbadi anggota perlu di dorong sehingga berkemampuan untuk ekspor. Hal ini dinilai strategis mengingat bahwa saat ini pemerintah sedang focus mendorong kemajuan UMKM.     

Dalam sambutan dan arahannya, Pak Sutoro selaku  Kabid Koperasi Dinas Tenaga Kerja, Koperasi & UKM mengapresiasi keberadaan dan tumbuhkembang Kowapi. Saya mengikuti perjalanan Kowapi sejak masih kecil sampai besar seperti saat ini. Saya mengetahui bagaimana Kowapi berjuang dan terus berproses hingga mejelma mejadi salah satu koperasi besar. Dalam pembinaannya, baliau juga mengingatkan kepada seluruh peserta RAT tentang   tiga hal : (i) koperasi sebagai kumpulan orang; (ii) koperasi sebagai badan  usaha dan; (iii) koperasi sebagai alat meningkatkan kesejahteraan. 3 (tiga) hal ini menjadi satu kesatuan sehingga melahirkan capaian yang terus tumbuhkembang. “Pengurus harus pinter, kober dan bener; Pengawas harau pandai dan amanah; anggota harus rajin berpartisipasi dan menguatkan permodal koperasi. Kalau hal ini diwujudkan, Insha Allah Koperasinya akan sehat dan mendejahterakan”, pungkas beliau meng-akhiri sambutannya.

Hal senada disampaikan oleh Bung Arsad selaku Ketua Dekopinda Kab. Banyumas. “Saya mengakui kalau wanita lebih ahli dalam ber-koperasi ketimbang lelaki”, ungkap Bung Arsad berseloroh diawal sambutannya. Selanjutnya, beliau menyampaikan mengikuti perjalanan dan perkembangan Kowapi sejak lama sehingga sangat apresiate dengan segala pergerakan dan dinamikanya.  Selaku Ketua Dekopinda, saya pun bangga Kowapi Banyumas sebagai koperasi terbesar di lingkungan Kowapi Provinsi Jawa Tengah. Capaian ini me-refresentasikan kegigihan, kesabaran ber-proses dan  kemampuan men-sinergikan potensi dan kekompakan segenap unsur organisasi dalam berkoperasi. Saya berharap Kowapi ini akan terus tumbuh baik dari jumlah anggotanya sehingga lebih banyak kaum wanita yang akan bergabung di dalamnya dan tumbuh secara karya sehingga lebih meluas makna dan manfaatanya, khususnya bagi segenap anggotanya.  Saya meyakini hal tersebut, apalagi induk organisasi vertical kowapi (baca: inkowapi) dipimpin oleh Ibu Sharmila yang gesit, energic, inovatif, kreatif, berani tampil beda dan juga pemberani. Artinya, spirit beliau yang demikian tentu layak menjadi inspirasi dan tauladan bagi segenap unsur organisasi Kowapi Banyumas. “Saya mengikuti perjalanan Kowapi Banyumas sejak masih kecil, sehingga saya memiliki keyakinan tinggi bahwa Kowapi Banyumas akan semakin berkembang dan fantastic. Hal ini akan mewujud bila seluruh unsur organisasi Kowapi kompak dan bergandeng tangan serta berkemauan menggabungkan  energy dan sumber daya”, pungkas Bung Arsad dipenghujung sambutannya.

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment