MOBILISASI “MIGRASI TATA KELOLA BERBASIS TEKNOLOGI” DI LINGKUNGAN GERAKAN KOPERASI & UKM KAB.BANJARNEGARA#BATCH 2


MOBILISASI “MIGRASI TATA KELOLA BERBASIS TEKNOLOGI” 
DI LINGKUNGAN GERAKAN KOPERASI & UKM KAB.BANJARNEGARA

Hari ini, Rabu 06 Februari 2020, Dekopinda Banjarnegara menggelar satu agenda sosisalisasi ”Migrasi tata kelola Koperasi berbasis teknologi”, menjadi tema bahasan kali ini. Agenda ini merupakan tindaklajut dari hasil pertemuan para Ketua Dekopinda se-Barlingmascakeb dimana tersepakati untuk mendorong akselerasi tumbuhkembang koperasi melalui teknologi (berita pertemuan : klik disini).

Agenda ini digelar di Aula Sasana Bakti,Setda Banjarnegara dan difasilitasi oleh Pemkab Banjarnegara ( cq. Disperindagkop & UKM) an menghadirkan 50 peserta yang terdiri dari Koperasi dan UKM. Bertindak sebagai naras umber, yaitu : (i) Bung Arsad Dalimunte yang didaulat sebagai juru bicara dari Dekopinda se-Barlingmascakeb dalam agenda migrasi ini dan; Mas Eka dan Mas Aji mewakili ICCI (Indonesia Concorcium for Cooperative Innovation). ICCI merupakan mitra strategis/partner Konsorsium Dekopinda se-Barlingmascakeb dan juga penanggungjawab terhadap akses teknologi yang akan di apply ke lingkungan perusahaan koperasi.  

Selaku Kepala Disperindagkop & UKM Kab. Banjarnegara, Bapak Joi menyampaikan tentang nilai strategis agenda ini dan berharap efektif meningkatkan kejayaan koperasi & UKM di lingkungan Kabupaten Banjarnegara. “Untuk mendukung hal tersebut, Koperasi dan UKM yang diundang hari ini merupakan pilihan dan diyakini ber-potensi di akselerasi tumbuhkembangnya melalui teknologi”.  

Wakil Bupati Banjarnegara, Bapak Samsudin, SPD,MPd, dalam sambutan dan arahannya menegaskan bahwa perubahan merupakan sebuah keniscayaan dan respon terhadap setiap perubahan akan mempengaruhi efek perubahan itu sendiri terhadap kita selaku koperasi atau pelaku UKM. “Kita adalah bagian dari perubahan  dan juga penentu di lingkar perubahan itu sendiri”, tegas Ketua Dekopinda Banjarnegara itu menyemangati segenap peserta. Beliau juga berharap efektvitas agenda ini sebab sangat relevan dengan visi pembangunan Kab. Banjarnegara, yaitu bermartabat dan sejahtera. Sementara itu, dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah di angka 7% (tujuh prosen), Koperasi diberi ruang gerak yang lebih luas dan UMKM di support dengan luar biasa. Oleh karena itu, kesempatan ini harus dioptimalkan dan gerakan koperasi &ukm harus melipatgandakan energy dan kinerja. Dalam rangka  mengoptimalkan potensi untuk kepentingan akselerasi, koperasi dan UMKM perlu berjejaring secara mutual. Beliau men-contohkan bagaimana konsorsium beberapa koperasi di Kab.Banjarnegara berhasil membangun pom bensin yang berlokasi di Desa Prigi.

Dalam presentasinya, Bung Arsad juga menyemangati segenap peserta untuk tidak panik di era revolusi industry 4.0. Gerakan Koperasi dan UKM perlu membangun kolaborasi sehingga bisa meng-akses teknologi yang tidak saja berdampak pada modernisasi layanan yang diselenggarakan koperasi, tetapi juga menghadirkan kecepatan layanan dan kemudahan akses informasi yang sangat berguna dalam pengambilan keputusan. Lebih dari itu, kehadiran teknologi tidak saja men-simpelkan pekerjaan tetapi juga efektif meng-akselerasi tumbuhkembang. Sejalan dengan itu, reposisi mindset dan pengembangan visi perlu dilakukan secara bersamaan dengan me-referensi pada kekinian zaman. Sementara itu, Mas Eka selaku delegasi ICCI memberi gambaran seputra cara kerja teknologi yang akan di apply, termasuk menjelaskan bagaimana tekologi tersebut akan me-link kan antara satu koperasi dengan koperasi lainnya. Dengan demikian, kemitraan mutual antar koperasi akan terfasilitasi oleh teknologi. Demikian halnya pelaku UKM akan lebih mudah dalam memasarkan produknya dalam skala market yang luas (baca: sebarlngmascakeb) dan terintegrasi dala teknologi.


baca juga : klik disini

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment