KETIKA “KAUM MUDA” MENDOMINASI KEPESERTAAN ZIARAH

KETIKA “KAUM MUDA” MENDOMINASI  KEPESERTAAN  ZIARAH
 KE MAKAM PERINTIS KOPERASI PERTAMA DI INDONESIA,
PATIH RADEN ARIO WIRYOATMODJO


Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah. ... Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah atau disingkat Jasmerah adalah semboyan yang terkenal yang diucapkan oleh Soekarno, dalam pidatonya yang terakhir pada Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1966.

Semboyan Bapak Pendiri Bangsa (baca: founding father) ini mengingatkan kita untuk senantiasa mempelajari sejarah beserta para pejuang yang sudah mendedikasikan diri dan penuh pengorbanan demi keterciptaan kebaikan
yang sampai hari ini masih melekat dan menjadi bagian keseharian hidup kita. Disamping itu, pesan proklamator itu juga menandaskan bahwa hari ini tidak lepas dari hari kemarin. Artinya, hari ini tidak bisa ditanggalkan begitu saja dari hari-hari sebelumnya. Demikian halnya koperasi di Indonesia yang tidak lepas dari sejarah kelahirannya yang bermula dari inisiasi seorang Patih bernama lengkap Raden Ario Wiryoatmojo. .   

Hal ini pula yang menjadi inspirasi Dekopinda Kab. Banyumas menggelarziarah ke makam perintis koperasi pertama di Indonesia, yaitu Patih Raden Ario Wiryoatmodjo. Lokasi makam terletak di Pemakaman Martadirejan, Kali Bogor, Purwokerto, Kab, Banyumas, Prov. Jawa Tengah. Martadirejan merupakan tempat di makamkannya Bupati-Bupati Kabupaten Purwokerto dimana Raden Ario Wiryoatmojo pernah menjadi patih-nya. “Dulu masih bernama Kab. Purwokerto sejak tahun 1834 sd 1936 dan setelahnya Kab. Purwokerto digabungkan dengan Kab. Banyumas dengan ibu kota Purwokerto”, Ungkap Bapak RM Legowo, salah satu pengurus Dekopinda yang sudah senior dan sangat concern dalam hal sejarah.

Ziarah ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Koperasi Nasional ke-73. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, mengingat masih dalam masa Pendemi Covid-19, kepesertaan ziarah dibatasi guna menghindari kerumunan massa. Setiap peserta juga wajib mematuhi standar protokol Covid-19 untuk menghindari kemungkinan resiko. Ada hal menarik untuk dicermati dimana formasi kepesertaan ziarah kali ini didominasi oleh kaum muda dan juga milenial. Dari Dekopinda diwakili 2 (dua) orang pengurus dan 2 (dua) orang sekretariat, yaitu; Bung Arsad Dalimunte selaku Ketua Dekopinda Banyumas ; Bapak RM Legowo selaku Kabid Advokasi; Mas Aceng staff sekretariat Dekopinda dan; Mas Dendi staff sekretariat Dekopinda. Sementara itu, dari barisan anggota/gerakan koperasi  di wakili oleh generasi muda, yaitu; (i) Vlady Avif selaku Pengawas Kopkun; (ii) Deddy Hadiyanto selaku Manager KPRI SEHAT RSMS dan; (iii) Sarwono Adiyanto selaku Manager KPRI NEU RSU Banyumas.  

Anak muda sengaja diajak agar mengetahui dan memahami sejarah koperasi dan sekaligus menjadikannya sebagai sumber spirit dan lompatan semangat dalam berkiprah dan berjuang meng-akselerasi tumbuhkembang koperasi dengan tetap berpegang teguh pada azas kekeluargaan dan kegotongroyongan”, ungkap Bung Arsad Dalimunte dalam sambutannya usai tahlil selesai.

Sementara itu, Bapak RM Legowo menyampaikan rasa gembiranya dan menyambut hangat ketika kaum muda ikut dalam proses ziarah ini. “Ini bentuk kaderisasi yang sangat bagus sebab dengan memahami sejarah dan menghayati ruh perjuangan koperasi yang ditauladankan oleh Bapak Raden Patih Wiryoatmojo, diharapkan generasi muda aktivis dan pejuang koperasi semakin bersemangat dalam membumikan koperasi dalam versi kekinian zaman. Zaman sudah berubah namun substansi kejuangan koperasi harus tetap melekat dari kembangan pemikiran dan juga praktek” , ungkap Bapak RM Legowo dalam pidato singkatnya.


informasi terkait Harkop ke-73 Kab. Banyumas 
link berita : klik disini link Youtube lagu :  Klik disini
link Youtube gallery aksi kepedulian : Klik disini
link Youtube Harkop ke-73  : Klik disini

Link Youtube dialog di Banyumas Tv : klik disini
Link Youtube dialog di Banyumas Tv :klik disini
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment