MENGHORMATI 2 (DUA) UNDANGAN MUSYWIL DEKOPIN JAWA TENGAH

MENGHORMATI 2 (DUA) UNDANGAN MUSYWIL DEKOPIN JAWA TENGAH


 

Menarik mendapati dinamika organisasi Dekopin dimana pasca Munas yang digelar di Makassar, 11-14 November 2019 lalu dimana dua pihak menyatakan sebagai  Pimpinan Dekopin yang sah untuk Periode 2019-2024, yaitu Bapak Nurdin Halid dan Ibu Sri Untari Bisowarno. Dualisme inipun terus memantik dinamika yang kemudian mulai merebak ke wilayah (baca: Dekopinwil) dan Daerah (baca : Dekopinda), tidak terkecuali Jawa Tengah.

 

Dalam situasi semacam ini, sejak awal Dekopinda Banyumas bersikap tegas untuk menunggu “Pernyataan Resmi Pemerintah” tentang pihak mana yang benar-benar diakui atau disahkan sebagai Pimpinan Dekopin yang sah. (berita silahkan klik disini)  Dekopinda Banyumas memandang dinamika semacam ini  sebagai gairah  perjuangan idealisme dan keyakinan. Oleh karena itu, Dekopinda Banyumas pun "menghormati dan meng-apresiasi"  apa yang diperjuangkan masing-masing pihak sepanjang kedua belah pihak menunjukkan cara-cara bijak dan elegan.

 

Ditengah serunya dinamika di tingkat pusat itu, pergerakan di lingkungan Jawa Tengah pun tak kalah menarik untuk dicermati. Kedua kubu sama-sama bergerak dan menjalankan strategi. Beberapa waktu lalu, pihak Bapak Nurdin Halid menggelar konsolidasi dengan mengundang Dekopinda-Dekopinda di lingkungan Jawa Tengah. Sementara itu, Kubu Ibu Sri Untari pun mengundang Dekopinda-Dekopinda di lingkungan Jawa Tengah untuk bersama-sama sowan ke Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo. Tema dualisme kepemimpinan Dekopin ini pun tak jarang menjadi bahan perbincangan di group-group WA pimpinan Dekopinda di Lingkungan Jawa Tengah, walau tak berujung kesimpulan akhir dan hanya berisi saling meng-klaim berikut argument hukumnya.

 

Memasuki minggu ketiga September 2020, ada perkembangan situasi yang sangat menarik untuk di cermati dimana kedua kubu akan melakukan Musyawarah Wilayah. Dekopinwil dibawah pimpinan Bapak Warsono yang berkiblat pada kubu Bapak Nurdin Halid akan menggelar Musyawarah Wilayah tanggal 15 September 2020 dan Kubu Ibu Sri Untari dibawah komando Bapak Wakiyo menggelar agenda serupa pada tanggal 16 September 2020. Atas rencana pagelaran agenda bertajuk “musywil” ini, masing-masing Dekopinda di lingkungan Jawa Tengah pun mendapat undangan dari kedua kubu. 


Adakah kebingungan menimpa para pimpinan Dekopinda-Dekopinda di lingkungan Jawa Tengah di situasi semacam ini?.  Ada yang bingung, ada yang masa bodoh, ada yang tersenyum datar, ada pula yang bersemangat mempengaruhi untuk berpihak ke salah satu kubu. Ada pula yang tengah dipusingkan karena bolak balik mendapat telepon dari kedua kubu.  


 

Ketua Dekopinda Banyumas dan Ketua Dekopinda Cilacap
Dinamika ini memang menarik untuk dicermati. Tak perlu terlalu skeptis atas situasi yang
tengah berlangsung. Kalau kemudian ada yang begitu bers
emangat untuk menandaskan kebenaran versinya, itu sebuah kewajaran dan wujud semangat dalam memperjuangkan idealisme. Menghormati dinamika tampaknya lebih bijak dan sekaligus mengambil hikmah dari setiap situasi yang berkembang. Tak perlu dirisaukan karena perwakilan kedua pihak  masih tetap memegang teguh kesantunan dan demokrasi dalam meng-campain “persepsi kebenaran” menurut masing-masing. Setidaknya ada hikmah dimana adu kecerdasan yang tengah berlangsung diantara dua kubu telah menjadi “momentum pencerdasan” bagi mereka yang tertarik untuk mengikuti dinamikanya.

 

Pertanyaan pamungkas yang menarik adalah “pada undangan manakah akan hadir??. Bisa hadir di keduanya, bisa hadir di salah satunya dan atau bisa tidak hadir di keduanya. Yang jelas, semua yang tengah berseberangan pendapat hari ini adalah insan-insan koperasi yang dalam darahnya mengalir spirit kejuangan, kebersamaan, kegotongroyongan dan kesetiakwanan. Disisi lain, semua pejuang Dekopinda juga adalah insan yang tidak diragukan cinta dan dedikasinya pada gerakan koperasi.

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. .... Angel sedulur Kabeh.dadine piben bebas bersikap ya sesuai dengan hati nurani

    ReplyDelete