KPRI RAMA MENCERDASKAN ANGGOTANYA MELALUI ToT

KPRI Rama Sokaraja menggelar pelatihan perkoperaian pada Hari Kamis, 26 November 2020 di Aula Dwijaloka Kecamatan Sokaraja Banyumas. Pelatihan Perkoperasian yang terkemas dalam format ToT (Training of Trainer) ini diperuntukkan bagi 30 (tiga puluh) Anggota KPRI Rama Sokaraja sebagaimana dimanatkan oleh RAT Tutup Buku tahun 2019 lalu. Karena terelenggara di tengah Pandemi Covid-19, ptotokoler Covid-19 diterapkan kepada seluruh tamu undangan, pengurus dan juga peserta ToT. 

Ketua Panitia juga menginformasikan dalam sambutannya bahwa pelaksanaan agenda ini sudah mendapat izin dari Gugus Tugas Covid-19. “Melalui pendidikan semacam ini, diharapkan anggota koperasi akan lebih memahami apa, mengapa dan bagaimana koperai bekerja untuk keejahteraan anggotanya dalam arti luas. Dengan demikian, diharapkan akan meningkatkan daya dukung dan partisipasi anggota dalam meng-akselerasi tumbuhkembang KPRI Rama ”, tandas Ibu Mufidah dalam sambutannta  sebagai Korwil Dinas Pendidikan Kec.Sokaraja. Sementara itu, Bu Kanti yang hadir mewakili Dinakerkopukm Kab. Banyumas, menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan ToT ini. Beliau berpandangan agenda semacam ini sangat diperlukan sehingga KPRI RAMA akan semakin dicintai oleh anggotanya.  


“Salam Juang Koperasi...!!!!!. Demikian kalimat pembuka sambutan  Bapak RM.Legowo mewakili Pimpinan Dekopinda Kab. Banyumas. Beliau menandaskan bahwa koperasi selaku kumpulan orang yang mencerdaskan perlu terus meningkatkan pemahaman anggotanya tentang koperasi melalui pendidikan. Beliaupun menambahkan baha  pendidikan  merupakan kunci berkoperasi dan sebagai daya dukung bagi tumbuh kembang koperasi serta  kualitas hidup anggota sesuai Undang-undang perkoperasian.  Pengembangan inovasi dan kreativitas perlu terus dikembangkan sesuai aspirasi dan kebutuhan mayoritas anggota. Dengan demikian, anggota bisa merasakan nilai tambah dan manfaat berkoperai secara langsung. Di penghujung sambutannya, Pak RM Legowo menyampaikan bahwa   berkoperasimerupakan  wujud yang nyata ikut membangun Bangsa dan Negara. Hal ini juga selaras  dengan NAWA CITA yang diprogramkan Bapak Presiden R.I Joko Widodo, yang antara lain ; (i) Gerakan Nasional Revolusi Mental; (ii) Penguatan Pendidikan Karakter dan; (iii) Pembudayaan Kejuangan 45  

   

Mas Vlady Avif hadir sebagai naraumber dalam ToT kali ini. “Spirit dan Motivasi Koperasi menjadi tema bahasannya. Mas Avif menjelaskan bagaimana koperasi bekerja untuk men-sejahterakan anggotanya. Beliau juga menjelakan bahwa ada 2 (dua) pilihan dalam pengelolaan perusahaan koperasi, yaitu SHU Oriented (berorientasi pada perolehan SHU) dan Benefit Oriented (berorientasi pada perluasan manfaat). Koperasi harus tegas dalam pilihan model pengelolaan sehingga tidak terjadi adanya keanehan dimana anggota meminta jasa pinjaman rendah disatu sisi dan juga berharap SHU yang besar di sisi lainnya. Mas Avif juga menandaskan baha hakekat koperasi adalah bekerja sama dan menggeru persaingan. Oleh karena itu, idealnya koperai terus memperluas kerjasamanya sehingga menjadi lebih berpeluang untuk tumbuhkembang. Disamping itu, Ma Avif juga menjelaskan baha koperasi perlu melibatkan teknologi dalam pengelolaan dan layanan perusahaannya. Hal ini sejalan dengan semangat revolusi industri 4.0 yang sudah mulai berlangsung sejak beberapa tahun lalu yang ditandai dengan kemajuan teknologi yang menaarkan kecepatan dan kemudahan pelayanan.  



"Selaku ketua KPRI Rama, saya sangat bersyukur atas keterselenggaraan ToT ini. Saya meyakini para anggota menjadi lebih faham berkoperasi dan semakin mengembangkan partisipasinya. Lebih dari itu, mengingat bahwa anggota KPRI Rama dikesehariannya berprofesi sebagai guru, saya berharap spirit dan pengetahuan koperasi ini juga di tularkan pada para anak didiknya di ruang kelas. Dengan demikian, para siswa/i sudah memahami dan mencintai koperasi sejak dini", ungkap Bapak Sumadyo, SPd, Ketua KPRI Rama yang juga salah satu pengurus PKP-RI Kab. Banyumas.


Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Dari kami pengurus mengapreasi bagus walaupun mas Arsad tdk hadir namun tetap setia dan tetap peduli atas pelaksanaan pelatihan di KPRI RAMA Sokaraja.Terima kasih semoga Dekopinda juga slalu sukses aamiin

    ReplyDelete