GELARAN RAT KSU SUMBER MAKMUR

GELARAN RAT KSU SUMBER MAKMUR





Hari ini, selasa, 12 Januari 2021, KSU Makmur Menggelar RAT Tutup Buku Tahun 2020. Gelaran ini dilaksanakan di Aula Dinakerkop UKM, Kab, Banyumas. Disampig unsur pengurus, pengawas dan anggota KSU Makmur, dibarisan undangan ada Bapak Andik Pegiyanto, Ketua PKP-RI Kab, Banyumas, M.Arsad Dalimunte, Ketua Dekopinda Kab. Banyumas dan; Bapak Jokowiyono, Kepala Dinakerkopukm Kab. Banyumas.


 

Bapak H Kuswandi,dalam sambutansingkat nya menyampaikan bahwa pelaksanaan RAT ini diluar kebiasaan karena Pandemi Covid-19 masih berlangsung dan belum bisa dipastikan kapan berakhirnya. Namun demikian, beliau tetap mengajak untuk sndantiasa bersyukur apapun keadaannya sebab pasti ada hikmah dari ketidaknormalan suasana saat ini. Alhamdulillah, KSU Sumber Makmur masih bisa eksis walau kinerja mengalami penurunan sebagai dampak dari Pandemi Covid-19. Dipenghujung beliau mengajak segenap anggota untuk tetap optimis dan tidak lupa menjaga kesehatan, khususnya mematuhi protocol covid-19.    


Bapak Andik Pegiarto, Ketua PKP-RI Kab. Banyumas mengajak segenap peserta RAT untuk senantiasa bersyukur. Beliau berharap RATkali ini  tetap akan menghasilkan gagasan-gagasan ke depan walau digelar dalam situasi pandemic Covid-19. Dalam pandangan beliau, menurunnya pinjaman anggota pada tahun buku 2020 bisa jadi   dikarenakan anggota sudah pasa seejahtera sehingga tidak perlu lagi meminjam. Namun demikian, beliau mengingatkan untuk dipelajari lebih detail untuk memastikan bahwa  penurunan pinjaman bukan dikarenakan anggota  berpindah ke lain hati yang menawarkan layanan sejenis dengan yang diselenggarakan oleh KSU Makmur. Namun, beliau menandaskan keyakinannya bahwa berdasarkan jejak sejarah anggota KSU Makmur, beliau meyakini  bahwa anggota KSU Makmur loyal dan selalu mencintai koperasinya serta senantiasa mengembangkan partisipasinya.     


Bapak Jokowiyono, selaku Kepala Dinakerkopukm Kab. Banyumas, menyampaikan bahwa form RAT ini merupakan forum mulia dimana segenap unsur organisai KSU Sumber Makmur duduk bersama dalam rangka menilik capaian dan juga evaluasi secara bersama. Dalam nada bernuansa do’a, beliau mencermati pemberian nama Koperasi Sumber Makmur merefresentasikan spirit,capaian dan rejeki yang akan diperoleh para anggtanya. Ada 3 tantangan besar bagi koperasi untuk bisa terus tumbuhkembang, yaitu; (i) seleksi alam yang mengakibatkan terjadi pengurangan anggota, seperti karena pensiun, meninggal dunia dan atau pindah tempat kerja. Atas hal ini, perlu disikapi dengan bijak sehingga potensi peningkatan anggota terbuka lebar; (ii) bagaimana langkah2 nyata agar anggota yang pinjam disiplin dalam membayar sehingga  tidak perlu sampai ditagih. ; (iii) Bagaimana anak-anak muda akrab dengan koperasi. Hal ini juga sedang menjadi concern Dinakerkopukm Kab. Banyumas karena koperasi memerlukan energy kreatif anak muda dalam meng-akselerasi tumbuhkembang koperasi. Disamping itu, pemuda adalah generasi yang pada waktunya akan melanjutkan estafet perjuangan koperasi.  Dipenghujung sambutannya, beliau mengingatkan bahwa koperasi adalah soko guru ekonomi bangsa yang senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kerja sama dan kegotongroyongan. Oleh karena itu, setiap dari kita untuk terus merawat dan meluaskan makna keberadaanya. 


Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment