HARKOPNAS KE-74 KAB. BANYUMAS "LEBIH DARI SEKEDAR MERAYAKAN"

PEMBERDAYAAN EKONOMI & PEMERSATU BANGSA
tidak terjebak seremoni dan sarat subtansi


Ekonomi gotongroyong yang ditopang oleh  semangat kekeluargaan menjadi semakin relevan untuk dikembangkan. Titik lelah dan kulminasi persaingan yang lekat dengan saling mengalahkan, telah memaksa para penganut mazhab kapitalis menyuarakan pentingnya “kolaborasi” yang didalamnya lekat “kerjasama”. Lewat kolaborasi, energi kompetisi dialihkan ke arah pembentukan sinergitas melalui kombinasi penggabungan sumber daya.  Kata “kolaborasi” yang bermakna “kerjasama” bukanlah sesuatu yang baru bagi koperasi. Bahkan  kelahiran koperasi dilandasi semangat mewujudkan ekonomi gotongroyong dalam men-solusikan ragam permasalahan yang tengah dihadapi. Disamping itu, koperasi juga berfungsi dalam memaksimalkan potensi dan bakat oleh orang-orang yang berhimpun di dalamnya. Dengan demikian, akan terbangun nilai tambah berkelanjutan bagi kepentingan peningkatan kesejahteraan anggota dalam arti luas.Disamping itu, kapitalis yang mengusung persaingan juga berpotensi melahirkan manusia-manusia individualis yang cenderung asyik dengan dirinya sendiri dan kemudian abai dengan orang lain. Dalam dimensi kehidupan kebangsaan, hal ini berpotensi mengikis persatuan dan bahkan dis-integritas. 

Oleh karena itu, mendorong laju tumbuhkembang koperasi menjadi demikian penting, baik dalam konteks kepentingan pembangunan ekonomi, sosial dan budaya  juga dalam dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara. Secara ekonomi, koperasi harus semakin berkemampuan dalam menjadi alat efektif membangun manusia-manusia mandiri nan produktif berbasis kolektivitas (baca: ke-kita-an). Diamping itu, koperasi juga harus mewujud menjadi media pemersatu yang sangat dipentingkan dalam menjaga NK-RI.                             
Me-referensi pada paragraf diatas, peringatan Hari Koperasi ke-74 menjadi demikian strategis dan merupakan momentum strategis menguatkan persepsi dan apresiasi masyarakat untuk menjadi bagian penting dari perwujudan cita-cita mulia koperasi. Momentum Harkop ini juga layak dimobilisasi sebagai pemantik semangat para pejuang koperasi untuk meng-akselerasi tumbuhkembang koperasi melalui pendekatan kreatif, inovatif dan mencerminkan semangat kekinian, sehingga terbangun fakta-fakta inspiratif yang menguatkan “trust” dan meng-energi masyarakat untuk berkoperasi. 

Sejalan dengan semangat itu, perayaan Harkop ke-74 terkemas dalam kombinasi kreatif, inovatif, modern dan tetap berkomitmen pada taat prokol covid-19. Deretan agenda Harkop ke-74 di format ke dalam model pemberdayaan sehingga melibatkan partipasi semua golongan masyarakat. Dengan demikian, perayaan Harkop ke-74 tidak terjebak hanya pada ceremomy namun juga kaya substansi dan efektif bagi perkembangan gerakan koperasi karena sarat dengan semangat edukatif dan motivasional




Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment