Meng-apresiasi Cara Koperasi BRK Memberdayakan UMKM

Meng-apresiasi Cara Koperasi BRK Memberdayakan UMKM



Secara konsepsi, Koperasi merupakan lembaga pemberdayabagi orang-orang terhimpun di dalamnya. Berbekal saling percaya, mereka melakukan penyatuan energy dan penggabungan sumberdaya yang kemudian dimobilisasi secara kreatif bagi penciptaan solusi atas ragam permasalahan yang sedang dihadapi dan atau juga optimalisasi ragam bakat & peluang yang berpotensi melahirkan nilai tambah yang men-sejahterakan anggotanya secara bertahap dan berkesinambungan.

Semangat ini terlihat tegas pada salah satu koperasi berpenghuni para pelaku UMKM ini. Mereka menamakan koperasinya dengan sebutan Koperasi Berkah Rindang Kinasih dan lebih akrab dengan panggilan Koperasi BRK. Koperasi ini memang baru berumur dua tahun, namun apa yang mereka lakukan sungguh inspiratif, khususnya dalam hal memberdayakan dan mendampingi anggotanya (baca: pelaku umkm). Dalam membangun


organisasi dan perusahaan, Koperasi ini bergerak atas dasar mempersepsikan koperasi sebagai media mencerdaskan anggota. Sejalan dengan itu, Koperasi BRK menggelar berbagai fasilitasi yang ber-orientasi kepada peningkatan kualitas anggota dengan target; (i) meningkatkan pemahaman anggota tentang apa, mengapa dan bagaimana cara kerja koperasomen-sejahterakan anggotanya dan; (ii) meningkatkan kualitas tata kelola usaha mulai dari operasional sampai dengan perluasan pemasaran dan jaringan. Kopera
s
i ini juga membantu anggotanya untuk melengkapi perizinan u
sahanya sehingga tidak mengalami kendala saat mengoperasionalkan bisnisnya . Tidak berhenti pada fasilitasi pelatihan saja, koperasi BRK juga meng-akseskan bantuan modal bagi 200-an anggotanya. Hal ini diampaikan oleh Bu Ambarsari sang ketua dalam laporan pengantarnya di pembukaan RAT Tutup Buku Tahun 2020.


RAT digelar di Aula PLUT UMKM Purwokerto dan menggunakan model kombinasi online dan offline, tepatnya tanggal 15 Juni 2021. Disamping dihadiri oleh pengurus, pengawas dan anggota, RAT ini juga dihadiri oleh beberapa tamu undangan, antara lain :  wakil Bupati Banyumas, Kedinakerkopukm Kab. Banyumas, Ketua dan sekjen Dekopinda Kab Banyumas dan Konsultan PLUT UMKM Kab. Banyumas.   



Selaku ketua Dekopinda Kab. Banyuma, saya mengikuti perjalanan Koperasi BRK, khususnya satu tahun terakhir ini. Sejujurnya ada kekaguman atassemangat pengurus, pengawas dan tidak ketinggalan anggotanya. Koperasi ini memang baru berumur 2 (dua) tahun, namunlangkah-langkah yang dilakukanbegitukeren,khususnya dalam memberdayakan anggotanya. Kehebatan membangun komunikasi strategis dengan berbagai pihak telah sukses melahirkan daya dukung dan kemitraan luasyang berdampak langsung pada nilai tambah yang dirasakan anggota. “Saya membaca pada laporan demikian banyak pelatihan yang diberikan pada anggota, mulai pelatihan ecoprint, pelatihan sabun, pelatihan sulam pita, pelatihan perkoperasian dan lain sebagainya. Deretan fakta dan dinamika yang saya dapati dikeseharian Koperasi BRK mendatangkan keyakinan tentang masa depan yang cerah, baik bagi koperasi maupun segenap anggotanya”, ungkap muhammadarsad dalimunte Ketua Dekopinda Kab. Banyumas.   


Bapak JokoWiyono selaku Kadinakerkopukm Kab. Banyumas, dalam sambutan dan arahannya, meyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan RAT ini. “RAT ini bentuk pertanggungjawaban tentang apa, mengapa dan bagaimana koperasi ini berjalan. RAT juga menjadi strategis karena akan dilangsungkan musyawarah seputar arah dan masa depan yang menjadi cita-cita bersama. Beliau juga berharap akan mewujud  (dua) hal; (i) terbentuknya sinkronisasi sehingga koperasi BRK menjadi rumah yang menyenangkan bagi pelaku umkm dikarenakan nilai tambah yang bisa di rasakan anggota dan; (ii) membangun koneksitas yang saling membaikkan lewat prinsip gotong royong.   Untuk itu, BRK memiliki tantangan; (i) meningkatkan “needofachievement” sehingga gairah untuk berprestasi dan berkarya terus terjaga dan tumbuh; (ii) harus berani saling memberikan koreksi bagi kelahiran kebaikan-kebaikan baru yang bermanfaat bagi segenap angota. Dipenghujung sambutannya, Bapak Joko 
Wiyono menyampaikan harapannya agar koperasi BRK akan semakin berjaya ke depannya. Beliau juga optimis ketika melihat keagggotaan koperasi BRK yang berasal dari lintas generasi, sehingga berpeluang membangun sinergitas produktif


Bapak Sadewo TriLastiono, Wakil Bupati Kab. Banyumas, dalam sambutannyaberpesan agar Koperasi BRK tidak ngototpada menumbuhkan anggotasecara kuantitas, tetapi harus bekerja keras untuk menumbuhkan kualitas anggotanya sehingga terbangun peningkatan kapasitas yang berdampak pada peningkatan produktivitas, khususnya usaha yang dijalankan masing-masing anggota. Dalam kapasitass elaku Pembina Koperasi BRK, beliau juga menyampaikan apresiasinya terhadap capaian dan kinerja Koperasi BRK. Beliau juga mendorong semangan Koperasi untuk terus mengembangkan komunikasi strategi agar lebih besar peluang untuksemakin berkembang.  Dipenghujung, beliau berpesan ketika Koperasi BRK ingin mengembangkan usahanya, maka perlu memiliki ciri khas dan juga  potensi siklus hidup yang panjang. Dengan demikian, usaha yang dijalankan koperasi akan mendapatkan respon positif dari para pelanggan dan berdampak pada tumbuhkembang yang berkelanjutan. Ini penting saya ingatkan agar Koperasi BRK terhindar dari resiko jangka panjang.    


Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment