MENGUATKAN KOMPETENSI dan KE-KITA-AN MELALUI PEMBENTUKAN FORUM KOMUNIKASI KSP

MENGUATKAN KOMPETENSI dan KE-KITA-AN 

MELALUI PEMBENTUKAN FORUM KOMUNIKASI KSP



Hari ini, tanggal 22 Juni 2021, mengambil tempat di D’garden Hall & Resto Purwokerto, Dinakerkopukm Kab. Banyumas mengumpulkan koperasi-koperasi berbadan hukum Provinsi dan nasional. Agenda pertemuan memiliki 2 (dua) agenda utama, yaitu : (i) penguatan kompetensi dan; (ii) pembentukan “Kepengurusan Forum KSP Badan Hukum Provinsi & Nasional”.


Ini forum strategis dan sangat penting berkenaan dengan kompetensi yang harus dimiliki pengelola KSP yang beroperasional di lingkungan Kab.Banyumas. DInakerkopukm Kab, Banyumas memberi waktu  2 (dua) tahun agar memiliki sertifikasi kompetensi. Pengelola koperasi perlu memiliki kompetensi skill dan juga komptensi social. Dengan demikian, koperasi akan berjalan baik dan terus tumbuhkembang secara berkelanjutan serta men-sejahterakan anggota”, demikian sambutan dan arahan Kepala Dinakerkopukm Kab.Banyumas, Bapak Jokowiyono .


Menindaklanjuti arahan tersebut, sampai saat ini Dinakerkopukm Kab.Banyumas sudah memberangkatkan peserta 2 (dua) angkatan. Pada angkatan pertama diberagkatkan 74 orang untuk pembekalan dan ujian komptensi. Tahap ke dua memberangkatkan 52 orang. Alhamdulillah lulus  semua. Jadi, sampai saat ini sudah ada 126 orang manajer koperasi bersertifikasi di lingkungan Kab. Banyumas. Berikutnya, Dinakerkopukm Kab. Banyumas akan terus mendorong KSP-KSP untuk segera melengkapi sertifikasi. Untuk kepentingan itu, Dinakerkopukm Kab. Banyumas akan mengkoordinir kepesertaan, namun untuk semua pembiayaannya secara mandiri oleh masing-masing koperasi”, ungkap Bapak Suntoro selaku Kabid Koperasi Dinakerkopukm Kab. Banyumas.  

 

Berkaitan dengan penguatan gerakan di lingkungan koperasi berbadan hukum propinsi dan nasional,  dipandang perlu membentuk satu forum komunikasi sehingga memiliki wadah untuk tukar informasi dan saling menguatkan. Dengan demikian, keberadaan forum komunikasi berdampak pada peningkatan kinerja para anggotanya.  


Selaku Pimpinan Dekopinda, Bung Arsad menyampaikan apresiasinya atas inisiasi pembentukan forkum komunikasi ini. “kami menyambut baik pembentukan forum KSP berbadan hukum provinsi dan nasional ini. Forum ini efektif sebagai ajang silaturrahmi dan sekaligus media penguatan semangat juang koperasi dalam memberdayakan ekonomi masyarakat. Forum ini juga sangat
strategis sebagai gerbang terbentuknya komunikasi produktif yang berujung dengan lahirnya kerjasama antar koperasi yang saling memperkuat dan membaiki. Hal ini sangat memungkinkan, mengingat bahwa koperasi hakekatnya adalah kerjasama untuk keterciptaan nilai tambah, baik dalam konteks menyelesaikan persoalan-persoalan yang tengah dihadapi, maupun mengoptimalkan ragam bakat dan potensi melalui penggabungan sumber daya. 

“hari ini adalah zaman kolaborasi dan bukan era kompetisi dimana yang satu selalu ter-obsesi mengalahkan lainnya”. Untuk itu, ke-kita-an diantara koperasi perlu diperluas tidak sebatas internal koperasi saja, tetapi perlu meng-inisiasi  kerjama sama antar koperasi di berbagai agenda produktif berkelanjutan, baik untuk tujuan memperkuat eksitensi maupun bagian dari strategi perluasan kebermanfaatannya. "Semoga keterbentukan forum KSP ini meningkatkan kontribusi koperasi dalam perekenomian, khususnya dalam memberdayakan ekonomi rakyat sebagaimana cita-cita kelahiran koperasi itu sendiri”
, ungkap Bung Arsad dipenghujung sambutannya.   

dipenghujung acara, segenap peserta rapat berharap Kabupaten Banyumas tidak sampai di  lockdown karena pandemi Covid-19 karena hal ini bepengaruh pada tingkat kelancaran operasionalisasi KSP. 

Sementara itu, dalam  pembentukan kepengurusan Forum KSP Badan Hukum Provinsi dan nasional, dihasilkan kesepakatan tentang susunan kepengurusan sebagai berikut : 

Ketua            : Pak Puji Slamet 
Sekretaris.   : Mas Ifan Prasetya 
Bendahara   :  Wahid Hasyim

Koordinator :
      Barat selatan : Pak Toyo (KSP Agm)
     Barat                : Alip (KSP Putra Dampoe Aang)
     Timur               : Sukirman (KSP atria Mulia Artho Moro)
     Sokaraja          : Dew(KSP Agm)


Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment