3 (tiga) Penghargaan Prestisius di Harkopnas ke-74 Lebih dari Sekedar Pencapaian Individu

Memakna Perolehan Penghargaan  
3 (Tiga) Tokoh/Pejuang Koperasi Banyumas di Puncak Harkopnas Ke-74

"Ada perasaan haru, banggga dan bahagia yang bercampur aduk menjadi satu ketika mendapat list yang berisi nama-nama penerima penghargaan di Puncak Harkopnas Ke-74 yang digelar oleh Kementrian Koperasi & UKM Republik Indonesia, dimana ada 3 (tiga) nama adalah tokoh dan pejuang koperasi Kab. Banyumas. Bagi pimpinan dan segenap pengurus Dekopinda Kab. Banyumas, capaian ini tidak sekedar menandaskan dedikasi dan totalitas serta capaian individu, tetapi juga me-refresentasikan iklim berkoperasi yang baik di lingkungan Kab. Banyumas. Iklim  yang terbentuk menghasilkan suasana kondusif disatu sisi dan disisi lain berhasil memantik kreativitas dan inovasi di lingkar gerakan koperasi Kab. Banyumas", ungkap Bung Arsad saat dimintai komentar dalam kapasitasnya sebagai Ketua Dekopinda Kab. Banyumas 

Kesimpulan demikian tidaklah terlalu berlebihan mengingat ke-3 (tiga) tokoh tersebut menyabet penghargaan untuk kategori yang berbeda-beda, yaitu : (i) Bapak Drs. Sadewo Tri Lastiyono yang juga Wakil Bupati Banyumas untuk kategori "Pejabat Negara"; (ii) Mas Firdaus, Direktur Eksekutif dan juga Komite ICCI (Indonesia Concorsium For Co-operatives Innovation) untuk kategori "Toko Masyarakat" dan; (iii) Bapak Tohadi, S.Tp, Ketua Koperasi Bumirejo, Somagde Banyumas untuk kategori "Tokoh Gerakan Koperasi". Kategori-kategori itu mewakili sebuah sinkronisasi yang keren dan berpotensi meng-akselerasi tumbuhkembang koperasi. 

Keterpilihan Bapak Sadewo untuk kategori "Pejabat Negara" me-refresentasikan keberpihakan  dan concern pemerintah daerah Kab. Banyumas yang kuat  terhadap gerakan ekonomi kerakyatan yang terhimpun dalam koperasi. Masih segar dalam ingatan semua insan dan pemerhati koperasi saat Kota Purwokerto dipercaya sebagai penyelenggara Harkopnas di tahun 2019. Event akbar yang tercatat sebagai penyelenggaraan tersukses ini dipastikan tidak akan pernah berlangsung bila tidak ada komitmen dan daya dukung penuh pemerintah daerah Kab. Banyumas. Tidak saja keren dalam hal seremony, Pemerintah Daerah Kab Banyumas melalui OPD Dinakerkopukm juga demikian getol menggerakkan koperasi lewat berbagai program, mulai dari pendidikan, pelatihan, pendampingan, studi banding dan lain sebagainya. 

Sementara itu, keterpilihan Mas Firdaus, Direktur Kopkun Institute dan juga Komite ICCI, me-refresentasikan spirit milenial berikut inovasi bernada kekinian zaman yang sangat diperlukan dalam meng-akselerasi kemampuan  koperasi  beradaptasi dengan perkembangan IPTEK yang sering disimbolkan dengan istilah digital. Apalagi semangati digitalisasi di lingkar koperasi tidak hanya di inisiasi oleh beliau di wilayah Eks-Karasidenan Banyumas saja, tetapi juga di Indonesia melalui kelembagaan ICCI yang kelahirannya atas inisiasi beliau.

Lain halnya dengan Pak Tohadi, S.Tp, pejuang senior yang sukses melawan realitas kebanyakan lewat sentuhan magisnya. Kalau hari ini banyak KUD Tumbang di tanah air sejak pergantian rezim, koperasi Bumirejo yang beliau pimpin membuktikan sebaliknya. Lewat sentuhan tangan dinginnya, KUD Bumirejo tetap eksis dan bahkan berhasil menyelenggarakan beberapa usaha dan salah satunya adalah Pom Bensin. Capaian ini tentu demikian inspiratif ditengah barisan KUD yang banyak kehabisan ide untuk bertahan sehingga terjebak pada "hidup segan mati tak mau".   

"ketiga tokoh dan pejuang koperasi ini adalah pribadi-pribadi fenomenal. Mereka sukses menjadi inspirasi bagi banyak orang. Melalui ketauladanan tindakan dan gagasan, mereka selalu meng-energi optimisme masyarakat dan gerakan koperasi untuk terus bergerak meluaskan kemanfaatan ber-koperasi melalui kembangan kreasi dan inovasi yang melahirkan nilai tambah baru berkelanjutan", pungkas Ketua Dekopinda Kab. Banyumas.    

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Mantap, sukses to Dekopinda Kab. Banyumas,,maju terus Koperasi Indonesia👍👍

    ReplyDelete