"ANTUSIASME UMKM" DI GELARAN SEMINAR BISNIS ICSB JATENG "MENDATANGKAN OPTIMISME"

ANTUSIASME UMKM DI GELARAN SEMINAR BISNIS ICSB JATENG 

MENDATANGKAN OPTIMISME


I

CSB Jawa Tengah menggelar agenda perdana dari rangkaian HUT UMKM Internasional dan juga HUT UMKM Nasional dengan Seminar Bisnis, tepatnya 27 Juli 2021 . Seminar ini digelar secara online melalui aplikasi zoom.  Seminar ini menghadirkan narasumber yang kapasitasnya sudah tidak diragukan lagi, yaitu (i) Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH, M.Hum. (Rektor UNS Surakarta) sebagai penasehat ICSB Regional Jawa Tengah, (ii) Metta Dharmasaputra, SE, MM. (Co.Founder/ CEO Katadata), (iii) Roby Tjitadjaya, MM, CCMC. (Founder CEO & Executive Coach Global Leadersip Center). Seminar Bisnis kali ini dipandu oleh Idris, SE, MSi. salah satu Pengurus ICSB Jawa Tengah Bidang Kerjasama yang Juga Ketua Inkubator Bisnis FE UNDIP Semarang. tingginya antusiasme para pelaku UMKM dalam mengikuti seminar ini memberi optimisme tentang masa depan UMKM,khususnya di lingkungan Jawa Tengah dan Indonesia pada umumnya.

Dalam sambutannya, Ibu Diah Yusuf dalam kapasitasnya sebagai Sekjen ICSB Indonesia enyampaikan apreasiasinya atas gelaran seminar ini. Beliau juga menyampaika perhargaan tinggi kepada ICSB Regional Jawa Tengah, yang telah, sedang dan akan terus berkarya memajukan UMKM di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah. beliau juga menandaskan ukungannya dan siap men- support agar Pengurus ICSB Regional dan Area untuk terus bersemangat, tidak pernah henti atau lelah dalam mendampingi para UMKM.

Sementara itu, Bapak Joko Sutrisno selaku Direktur ICSB Regional Jawa Tengah menyampaikan bahwa gelaran seminar ini adalah agenda perdana dari rangkaian agenda yang sudah disiapkan untuk merayakan HUT UMKM 2021, baik international maupun nasional. “Semoga even hari ini dan yang akan datang dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi UMKM di Jawa Tengah khususnya dan Indonesia umumnya. Selamat datang kepada para peserta dan selamat mengikuti. Tidak lupa juga menyampaikan kepada para peserta yang belum bergabung ke ICSB, ayo semua bergabung, agar bisa saling tukar informasi dan kolaborasi, sehingga sukses bersama bisa kita gapai, sebab fungsi peran ICSB adalah memberikan edukasi, fasilitasi, advokasi dan Apresiasi, ungkap beliau dalam sambutannya.

Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH. M.Hum. menyampaikan bahwa kampus siap sebagai kekuatan penggerak kemajuan potensi UMKM. 2 (dua) hal pemicu yang akan mempengaruhi perubahan (1)  Kemajuan Teknologi & Informasi, (2) Pandemik Covid-19. Dampak dari adanya pandemic covid-19, di satu sisi banyak konglomerasi yang bisnisnya terhenti, disisi lain akan terbuka peluang usaha bagi pelaku UMKM yang mempunyai daya kreasi dan inovasi, sehingga bisa menangkap peluang baik lokal malupun global.


Metta Dharmasaputra menyampaikan bahwa lakukanlah setiap aktifitas bisnis UMKM dengan mengacu pada data dan disinilah peran pentingnya akan database. Kuatkan dulu produk atau jasa yang dimiliki, desainlah sesuai dengan konsumen market, baru kemudian dipromosikan dan dipasarkan. Untuk itu penting sekali melakukan survey untuk mengetahui potensi atau peluang serta tantangan atau hambatan yang bakal dihadapi. Kolaborasi dengan jejaring yang sudah ada akan sangat membantu meningkatkan scale-up bisnis anda.


Roby Tjiptadjaya menyampaikan bahwa apabila sudah menjalankan bisnis lalu terdampak covid-19, cobalah untuk mempelajari dahulu, apa yang sebenarnya dimaui konsumen, apabila sudah mendapatkan jawabanya, fokuslah untuk melayani mereka dengan menghadirkan layanan yang berkualitas dan rutinitas, jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk beralih pada produk atau jasa lain. Apa yang dilakukan oleh orang lain lalu sukses, belum tentu kita akan seperti itu. Kuatkan internal dulu, baru fokuslah ke marketing.


Seminar ini terselenggara, mendapatkan dukungan dari Pengusaha Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu, Hotel Red Chilies Surakarta,  STIE Totalwin Semarang dan LPPM UNS Surakarta. Di sesi penutup, panitia membagikan voucer gratis masuk dan nginap di Bukit Sekipan Tawangmangu, Sunrise Hill Gedongsongo dan Hotel Red Chilies Solo, kepada Area yang mengikut sertakan peserta terbanyak, diantaranya berturut-turut (1) ICSB Area Karanganyar (2) ICSB Area Sukoharjo (3) ICSB Area Wonogiri.


Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment