GERAKAN KOPERASI KABUPATEN BANYUMAS "BERDUKA"

GERAKAN KOPERASI KABUPATEN BANYUMAS BERDUKA


Gerakan Koperasi Kabupaten Banyumas tengah berduka. Salah satu tokoh seniornya, Bapak H. Sunaryo AS tutup usia, tepatnya hari Kamis, 05 Agustus 2021, Pukul 18.45 Wib. Beliau adalah tokoh penting dibalik kehebatan KUD Aris Kec.Banyumas. Ketokohan beliau dalam urusan koperasi tidak diragukan lagi. Beliau adalah guru bagi begitu banyak orang yang ingin belajar dan menekuni perkoperasian. 

Kiprah beliau tidak saja sebatas menumbuhkembangkan KUD Aris menjadi besar, tetapi juga menjadi salah satu tokoh yang pernah membidani PUSKUD Jawa Tengah. Bahkan, beliau juga adalah salah satu penerima penghargaan sebagai tokoh koperasi dari Presiden Soeharto di zaman orde baru. 

Kebesaran KUD Aris pun telah menginspirasi dan menyemangati KUD-KUD lain untuk bangkit kembali, khususnya saat era orde baru berganti era reformasi dimana “perubahan kebijakan” telah menggerus ragam fasilitas untuk KUD-KUD dihapuskan. Tak pelak lagi, perubahan itu menyebabkan banyak KUDyang gulung tikar dan sebagian lagi terjebak ke dalam fase “Hidup Segan Mati Tak Mau”. 

Berbeda dengan KUD Aris dibawah kepemimpinan almarhum Bapak H. Sunaryo, perubahan era dan kebijakan itu disikapi dengan bijak. Mereka melakukan penyesuaian dan pensikapan dengan smart, sehingga KUD Aris tetap eksis dan bahkan tumbuhkembang hingga hari ini. Atas fakta mencengangkan nan keren itu, tidak heran kalau KUD Aris dijadikan salah satu rujukan oleh banyak koperasi, khususnya dilingkungan KUD. 

Segala hal yang dilakukan dan didedikasikan oleh almarhum untuk koperasi sungguh luar biasa. Totalitas dan semangat yang tak pernah surut oleh waktu dan usia telah menjadi tauladan bagi semua pegiat koperasi, tidak terkecuali bagi Muhammad Arsad Dalimunte, Ketua Dekopinda Banyumas. 

Saya dan begitu banyak orang pasti kehilangan yang amat sangat atas kepergian beliau. Saya mengenal almarhum pertama kali saat masih menjadi aktivis Kopma (Koperasi Mahasiswa) di sekitar tahun 1995. Saya sangat bersyukur bisa beguru langsung dengan beliau. Beliau selalu dengan senang hati melayani ketika saya bertanya sesuatu atau berkonsultasi tentang persoalan-persoalan koperasi yang memerlukan solusi komprehensif. Beliau berkarakter pendidik dan juga motivasional serta menghargai setiap anak muda yang benar-benar ingin belajar koperasi. Beliau adalah guru saya. Saya meyakini segenap penggerak koperasi berpendapat serupa dan setuju kalau almarhum adalah seorang  guru handal dan pribadi yang layak ditauladani. Semoga Almarhum husnul khotimah dan ditempatkan Allah di sisi yang mulia”, ungkap M. Arsad Dalimunte ketua Dekopinda Kab. Banyumas. 

Selamat jalan Bapak H Sunaryo AS. Usiamu telah dicukupkan Allah SWT, namun segala ilmu yang engkau ajarkan akan terus menjadi panduan bagi segenap murid-muridmu dalam menumbuhkembangkan koperasi, khususnya dalam memberdayakan ekonomi rakyat.   


Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment