KETIKA KUD RUKUN TANI dan SMK MA’ARIF NU 1 CILONGOK BERSINERGI DI “WELA MART”

KETIKA KUD RUKUN TANI dan SMK MA’ARIF NU 1 CILONGOK 
BERSINERGI DI “WELA MART”


Cilongok,23 Agustus 2021.  Satu agenda keren bertajuk “Grand Opening” tergelar di lingkungan SMK Ma’arif NU 1 Cilongok pada pagi hari ini. Sebuah toko swalayan yang di beri nama “WELA MART” diresmikan pagi ini dan mulai operasional. Berdirinya Toko Wela Mart ini merupakan buah manis dari kerjasama antara KUD Rukun Tani Cilongok dan SMK Ma’arif NU1 Cilongok.  



Saat hadir di lokasi, Bung Arsad yang hadir dalam kapasitas Ketua Dekopinda Kab. Banyumas terpesona dengan nama dan juga penulisan serta pemilihan warnanya. “Wela Mart merupakan nama keren dan bercitarasa modern”, ungkap Bung Arsad kepada Mas Danan Setyano,SE Ketua KUD Rukun Tani Cilongok.  Berdasarkan penjelasan beliau, ternyata "WELA” itu  sesungguhnya singkatan dari "wetan lapangan" yang menggambarkan posisi   toko yang kebetulan seberangnya adalah lapangan sepak bola. “Sebuah pemilihaan nama yang kreatif”, ungkap Bung Arsad sambil tersenyum mendengar penjelasan Mas Danan. 


Wela Mart adalah sebuah toko pendidikan yang berdiri di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, toko swalayan ini tidak saja fokus para raihan laba tetapi juga sebagai “laboratorium” dimana para siswa/i bisa belajar dan berpraktek, baik tentang kewirausahaan maupun manajemen bisnis retail berikut segala perniknya. Hal ini ditegaskan Bu Nuan, Kepala SMK Ma’arif NU 1 Cilongok, di sela-sela acara Grand Opening Wela Mart pagi tadi.  Toko ini tidak saja menawarkan produk-produk yang berkaitan dengan kebutuhan siswa atau yang berhubungan dengan kebutuhan proses belajar- mengajar, tetapi juga  menyediakan kebutuhan sehari-hari dan dengan harga terjangkau. Jadi, kita tidak sana bisa mendapati buku, pensil, ball poin, polio dan atau alat tulis kantor (stationery), tetapi juga dilengkapi dengan  sembako dan ragam kebutuhan rumah tangga lainnya. Dengan demikian, keberadaan Wela Mart ini semakin  memudahkan masyarakat dalam meng-akses kebutuhannya.  


Mas Danan selaku Ketua KUD Rukun Tani, menyampaikan rasa syukunya atas mewujud dna beroperasinya toko swalayan Wela Mart ini. “alhamdulillah sesudah melalui komunikasi yang intensif, akhirnya kerjasama antara KUD Rukun Tani dan SMK Marif NU1 Cilongok dalam hal pembangunan dan pengelolaan swalayan bisa mewujud”, ungkap beliau diawal sambutannya. Beliau juga mengkisahkan kerjasama semacam ini merupakan yang kedua kali bagi KUD Rukun Tani setelah sebelumnya juga berhasil menjalin kerjasama dengan KUD Endah Kedungbanteng.  "Kerjasama ini juga bukan sekedar mencari keuntungan, tetapi juga bagian dari wujud semangat kader NU dalam mengembangkan ekonomi ummat dimana beliau juga berposisi  sebagai Ketua Lembaga Perekonomian NU MWC Cilongok", tegas beliau. Dipenghujung sambutannya, beliau menyampaikan harapannya kepada segenap   stakeholder dan juga seluruh lapisan masyarakat untuk menyambut baik dan mendukung kehadiran Wela Mart ini.  


Bapak Drs.Joko Wiyono, MS.i., Kadinakerkopukm Kab Banyumas, mengawali sambutannya dengan apresiasi atas berdirinya Wela Mart ini. “ini terobosan yang cerdas dan juga sebagai bentuk pertanggungjawaban sekolah kepada masyarakat. Kehadiran toko swlaya ini juga wujud link & martch” yang efektif menggerus jara antara pendidikan dan dunia usaha”, ungkap beliau. Beliau juga meng-apresiasi kerjasama  antara KUD Rukun Tani dan SMK 1 Nu Cilongok dalam pendirian dan pengelolaan Wela Mart ini.  “KUD Rukun Tani merupakan salah satu KUD kebanggaan di Kab. Banyumas. Sebelumnya, KUD Rukun Tani juga sukses  mencangkok KUD Endah Kedungbanteng sehingga bergairah dan usahanya berjalan kembali.  Dipenghujung, Bajap Joko WIyono mengingat bahwa tantangan berikutnya adalah bagaimana menampilkan manajemen yang kreatif dan inovatif sehingga usaha ini terus dicintai oleh pelanggan dan tumbuhkembang secara bertahap dan berkelanjutan.   


vide terkait :

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment