MELOMPATKAN SEMANGAT JUANG "ICSB REGIONAL JAWA TENGAH" DI GELARAN "MSME & AWARD 2021"

MELOMPATKAN SEMANGAT JUANG "ICSB REGIONAL JAWA TENGAH"

'DI GELARAN "MSME & AWARD 2021" 


ICSB Regional Jawa Tengah terus bergerak. Kali ini, Rabu, 22 September 2021, ICSB Regional Jawa Tengah menggelar satu agenda MSME DAY & ICSB AWARD 2021 dengan mengambil tempat di kampus Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang. “Saatnya Maju – Menuju UKM Kompetitif 2030” dijadikan tema puncak rangkaian gelaran HUT UKM Internasional yang jatuh tanggal 27 Juni dan HUT UKM Nasional tanggal 12 Agustus. Sebelumnya, ICSB Regional Jawa Tengah sukses menggelar ragam agenda, antara lain; Seminar Bisnis, Business Matching & Workshop Ekspor,     

Gelaran agenda puncak ini berlangsung demikian meriah. Hadir di barisan tamu undangan, antara lain : Dinas Koperasi & UKM (mewakili Gubernur), Pimpinan Bank Indonesia Wilayah Jawa Tengah, Pimpinan Bank BRI Wilayah Jawa Tengah, Rektor dan Dekan UNISSULA, Ketua Komisi D dan Komisi B DPRD Jawa Tengah, Ketua KADIN Jawa Tengah, CEO Suara Merdeka Network, Dinas Perindag Jawa Tengah, Ketua STIE Totalwin Semarang, Pegadaian Wilayah XI Jawa Tengah, CEO Marimas Group, LPPM UNS Surakarta, KKIB FE-UNDIP Semarang, Graha Wisata School Semarang, Pembina & Penasehat ICSB, Pengurus ICSB Regional dan Area se Jawa Tengah dan tidak ketinggalan perwakilan Pengusaha UMKM. 


Dalam sambutannya, Sudarto  selaku Ketua Panitia yang juga menjabat sebagai Sekretaris ICSB Regional Jawa Tengah menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari optimalisasi fungsi dan peran ICSB, yaitu : Edukasi, Fasilitasi, Advokasi dan Apresiasi. Kesemua fungsi dan peran itu diorientasikan pada peningkatan kualitas SDM pelaku UMKM. Peningkatan kompetensi akan menjadikan UMKM lebih kompetitif sehingga lebih eksis, tumbuh dna kembang. Sudarto juga mengajak semua mitra strategi untuk semakin menguatkan kerjasama dengan ICSB.  Sinergitas dan kolaborasi perlu terus diintensifkan melalui pendampingan UMKM dan penguatan jaringan ICSB di jawa Tengah  yang tersebar di Kabupaten/ Kota bahkan Kecamatan di Jawa Tengah. Dipenghujung sambutannya, sudarto menandaskan bahwa ICSB merupakan organisasi UMKM non profit yang berdiri sejak tahun 1955 dan berkantor pusat di Wasington DC serta  beranggotakan 85 (delapn puluh lima) negara. Sementara itu, Indoneia mulai bergabung tahun 2016 inisiasi  Bapak Puspayoga dan Bapak Hermawan Kertajaya. Melalui  ICSB, diharapkan akan selalu berlangsung pertukaran ide, sharing pengalaman dan terbukanya peluang pasar di belahan negara yang menjadi anggota ICSB. 

Joko Sutrisno, Direktur ICSB Regional Jawa Tengah, dalam sambutannya  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor dan Dekan FE-UNISSULA Semarang serta semua pihak yang telah memberikan dukungan sehingga agenda agenda MSME DAY & ICSB AWARD 2021 bisa terselenggara. Owner Bukit Sekipan Tawangmangu itu juga berharap agar kerjasama yang telah terjalin dan berjalan sampai saat ini dapat terus dilanjutkan dan dikembangkan. 

Kukrit Suryowicaksono yang hadir dalam kapasitas Ketua Umum KADIN Jawa Tengah menyampaikan kegembiraannya atas terbangunnya sinergitas antara KADIN dan ICSB. CEO Suara Merdeka ini juga berpesan perlunya disusun prioritas program bersama sehingga pelaku UMKM di lingkungan Jawa Tengah akan memperoleh akses dan manfaat yang lebih besar. Salah satu program prioritas yang dimaksud adalah akses pasar ekspor bagi UMKM dengan cara menggandengkan UMKM dengan para pengusaha besar. 

Rektor UNISSULA, Bedjo Santoso, menyampaikan bahwa berdasarkan kajian akademik yang dilakukan di beberapa negara dapat di simpulkan bahwa  berkembangnya bisnis UMKM berdampak siginifikan terhadap perputaran uang. Artinya, terbentuknya perputaran ekonomi akan berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian nasional dalam negara tersebut. Rektor juga menyampaikan kegembiraaannya  atas penyelenggaraan  MSME dan AWARD ICSB Regional Jawa Tengah di Kampus UNISSULA. “ini suatu kepercayaan dan UNISSULA siap untuk menjalin kerjasama dengan ICSB baik di lingkungan Kampus maupun di luar kampus”, pungkas Sang Rektor menyudahi sambutannya. 


Agenda ini juga berhasil menghadirkan beberapa  yang sangat relevan dan berkompeten serta berkomitmen tinggi  dalam urusan pengembangan UMKM, yaitu : Bank Indonesia Wilayah Jawa Tengah;  FE UNISSULA dan;  CEO Marimas Group. Beberapa simpulan menarik dan layak menjadi perhatian dari presentasi mereka, antara lain;   (1) Penting sekali UMKM melakukan personal branding, (2) UMKM perlu memaksimalkan Media Sosial agar produk menjadi viral (3) UMKM perlu mengembangan kreasi dalam men-display produk (4) perlu menyandingkan UMKM dengan Pengusaha besar terutama untuk ekspor (5) perlu dipikirkan agar UMKM dapat captive market. 


Gelaran acara ini juga   memberikan ICSB Award sebagai bentuk apresiasi/ penghargaan kepada para pihak yang telah mendedikasikan sumber daya-nya untuk kemajuan UMKM di lingkungan Jawa Tengah. Peng-anugerahan ICSB Award ini dimaksudkan untuk memotivasi lebih banyak pihak untuk bersama-sama ICSB memajukan UMKM, khususnya di Jawa Tengah. Setelah melalui proses penilaian ketat  dari Dewan Juri  yang diketuai oleh Bapak Dr. R. Kunto Adi, SP, MP,  diputuskan  memberikan  ICSB AWARD 2021 untuk 8 (delapan) kategori yang secara lengkap disajikan berikut ini :   (1) untuk kategori Pemerintah Daerah diberikan kepada  Pemerintah Kabupaten Karanganyar, (2) Untuk kategori Akademisi diberikan kepada  Universitas Islam Sultan Agung Semarang, (3) Untuk kategori  Peneliti UMKM diberikan kepada Dr. Ir. Heru Iriyanto, MM, (4) Untuk kategori Pengusaha UMKM diberikan kepada Ir. Lilik Teguh Prasetyo, (5) Untuk kategori Korporasi diberikan kepada PT Pegadaian Kanwil XI Jawa Tengah, (6) Untuk kategori Media diberikan kepada  Suara Merdeka Network, (7) Untuk kategori ICSB Area diberikan kepada ICSB Area Wonogiri dan (8) Untuk kategori Tokoh diberikan kepada Yustinus Dwi Atmojo. 
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment